News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sri Erdianti Ibu Rumah Tangga Yang Mengolah Limbah Kulit Buah Menjadi Cairan Ajaib Sejuta Manfaat

Sri Erdianti Ibu Rumah Tangga Yang Mengolah Limbah Kulit Buah Menjadi Cairan Ajaib Sejuta Manfaat



Sri Erdianti  atau biasa dipanggil Bunda Oi seorang ibu rumah tangga yang bertempat tinggal di desa Sasak panjang kecamatan Tajur Halang Rt 09/07 Blok Q 9 No 15 Perum Inkopad, mengutarakan,  Eco Enzyme adalah teknologi  tepat guna yang dianggap mampu mengurangi global warming (pemanasan global). Adapun metode kerjanya dengan mengolah sampah organik, seperti sisa buah dan sayuran menjadi cairan multiguna.

“UMKM adalah salah satu penyumbang sampah terbanyak, daripada limbahnya dibuang begitu saja, lebih baik diolah dan difermentasi dengan Eco Enzyme,” ungkapnya, selasa (25/01/2022)

Dikatakan oleh Bunda Oi, hasil dari fermentasi limbah tersebut, dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, dan peternakan, berupa pupuk alami dan pestisida, pebersih ruangan yang sangat efektif.

“Cara pembuatannya juga mudah, dengan metode 1+3+10, atau 1 liter molase 3 kg bahan organik (limbah kulit buah fresh) dan 10 liter air, kemudian lakukan fermentasi selama tiga bulan lamanya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, ketua Rt setempat,  Bapak Sarono mengapresiasi warganya yang memiliki pemikiran inisiatif  untuk lebih kreatif memanfaatkan peluang bisnis rumahan pasca pandemi . Dirinya juga mengajak masyarakat untuk mulai memilah sampah dari sumbernya yakni rumah tangga.

“Kami imbau agar warga dapat memilah sampah dari rumah dan menghasilkan produk yang bermanfaat bernilai ekonomis. Nantinya, warga setempat ini diharapkan dapat mensosialisasikan mensosialisasikan kembali ilmu yang didapat dari Bunda OI yenag lebih dulu melakukan proses fermentasi ini ke warga sekitarnya,” tutupnya. 

Tags