News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung


Jantung merupakan salah satu organ vital yang memiliki fungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila kinerja jantung kurang maksimal, maka dampak buruk kesehatan tubuh bisa saja terjadi. Sudah sepatutnya Anda menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah risiko penyakit jantung sejak dini. Simak tips menjaga kesehatan jantung berikut ini!

1. Mengkonsumsi makanan yang sehat 

Jenis makanan sehat yang wajib masuk dalam menu harian Anda antara lain ikan sarden, salmon, tuna, nasi merah, oatmeal, kacang, buah-buahan, dan sayuran. Makanan yang kaya serat bisa membantu Anda mengontrol kadar kolesterol jahat.

2. Rutin melakukan aktivitas fisik 

Dewasa ini, orang produktif memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi karena minim bergerak. Terlalu lama bekerja di depan komputer atau duduk berjam-jam bisa membuat Anda memiliki risiko penyakit lebih tinggi. Sebaiknya atur waktu dengan rajin berolahraga seperti jalan kaki, berenang, lari, bersepeda, dan lain-lain. Bagi orang yang sibuk, tips menjaga kesehatan jantung bisa melakukan aktivitas fisik ringan saat jam istirahat kantor.

3. Hilangkan kebiasaan buruk merokok 

Merokok merupakan salah satu faktor utama seseorang terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak merokok. Tak hanya perokok aktif, orang di sekitar yang menjadi perokok pasif memiliki risiko yang tak kalah tinggi. Zat dalam rokok bisa mengganggu kinerja pembuluh darah jantung yang berdampak pada aliran darah terganggu. Batasi pula konsumsi garam dan minuman beralkohol yang bisa berdampak pada risiko tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa membuat pembuluh darah pecah, lho

4. Cukup istirahat dan minum air putih

Tips menjaga kesehatan jantung adalah mengelola waktu istirahat sebaik mungkin. Orang dewasa memiliki waktu tidur sekitar 6-8 jam per hari. Waktu tidur berkualitas akan membuat tubuh lebih segar dan organ tubuh bekerja optimal. Jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari.
Tips menjaga kesehatan jantung harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tubuh lebih sehat dan panjang umur. Jangan lupa untuk mengelola stress dengan baik sebab stress bisa memicu masalah kesehatan fisik. Memeriksakan kesehatan diri secara rutin bisa membantu Anda mencegah penyakit jantung sejak dini.

Tags