News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pencegahan Dini agar Tidak Tertular Virus Corona

Pencegahan Dini agar Tidak Tertular Virus Corona


Virus corona atau COVID-19 menjadi endemi global yang menarik perhatian beberapa waktu terakhir. Sejak muncul pertama kali di kota Wuhan, China, virus corona diperkirakan berasal dari kelelawar dan unta yang menular ke manusia. Penularan manusia ke manusia dari dahak, bersin atau sentuhan benda terkontaminasi virus menyebabkan kejadian yang luar biasa. Di Indonesia, virus corona telah menyebabkan pasien meninggal dunia dan korban terinfeksi terus meningkat. Yuk, simak tips mencegah diri tertular virus corona!

1. Rajin cuci tangan dengan benar

Tips mencegah diri tertular virus corona yang paling efektif adalah rajin mencuci tangan dengan benar. Gunakan air mengalir dan sabun ke seluruh bagian tangan termasuk sela-sela jari, pergelangan tangan dan punggung tangan. Penggunaan produk hand sanitizer mengandung alkohol sangat dianjurkan untuk membunuh kuman.

2. Menggunakan masker ke luar rumah 

Gunakan masker bedah atau masker N95 untuk menghindari paparan kuman di tempat umum. Masker bisa mencegah virus korona masuk ke saluran pernapasan Anda. Hindari menyentuh bagian masker secara langsung menggunakan tangan Anda dan bersihkan tangan setelah melepas masker.

3. Hindari bepergian ke negara endemik

Sebaiknya Anda menghindari bepergian ke negara yang terjangkit kasus corona agar terhindar dari risiko tertular virus ini. Lakukan tips mencegah diri tertular virus corona dengan membatasi aktivitas di luar rumah atau bepergian ke daerah yang berpotensi menyebarkan virus corona.

4. Menjaga daya tahan tubuh sebaik mungkin 

Imun menjadi salah satu faktor yang mendukung tubuh Anda terhindar dari risiko tertular virus corona. Sebaiknya Anda menjaga sistem kekebalan tubuh sebaik mungkin dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat cukup, minum air putih, olahraga rutin, kelola stress, tidak merokok, dan lain-lain.

Beberapa tips mencegah  diri tertular virus corona bisa Anda coba praktikkan setiap hari. Sebaiknya Anda tidak berhubungan dengan hewan-hewan yang berpotensi menjadi penyebab virus corona. Pastikan Anda mengkonsumi ikan atau daging yang telah dimasak secara sempurna untuk menghindari risiko virus, ya! Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami gejala penyakit yang tengah melanda dunia ini. Tindakan isolasi dini bisa menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

Tags