News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Makanan yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Makanan yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil


Kehamilan merupakan momen paling berkesan bagi wanita yang mendambakan kelahiran buah hati tercinta. Menjaga kesehatan diri dan janin yang dikandung merupakan hal prioritas yang wajib diperhatikan. Salah satu upaya menjaga kesehatan ibu hamil adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi. Nutrisi yang tepat bisa meningkatkan stamina, menghilangkan risiko komplikasi kehamilan dan mengontrol berat badan semasa hamil. Kira-kira apa makanan untuk ibu hamil yang wajib masuk dalam menu harian?

1. Protein 

Makanan yang mengandung protein tinggi harus Anda konsumsi secara rutin seperti telur, daging ayam dan gandum. Anda bisa mengkonsumsi jenis roti gandum atau mengganti beras biasa dengan beras merah.

2. Buah-buahan 

Buah kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi dan jambu biji harus Anda masukkan dalam menu harian. Tambahkan pula jenis buah lain yang aman dikonsumsi ibu hamil seperti alpukat yang mengandung lemak rendah. Hindari jenis makanan yang tidak dianjurkan sebab bisa menimbulkan dampak buruk bagi kehamilan seperi buah durian dan buah nanas.

3. Sayur hijau 

Makanan untuk ibu hamil harus mengandung zat besi tinggi yang bisa didapatkan dari bayam, asparagus, brokoli, dan lain-lain. Sayuran yang kaya serat juga bisa mengatasi masalah yang sering dialami ibu hamil yaitu sembelit. Bayam juga mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan, lho!

4. Makanan dan minuman kaya kalsium 

Jenis makanan untuk ibu hamil yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah produk susu. Ibu hamil bisa mengkonsumsi susu khusus kehamilan dan sayuran hijau agar kebutuhan kalsium harian terpenuhi.

5. Konsumsi vitamin prenatal 

Untuk mencegah kelahiran bayi kurang sempurna atau cacat, menu makanan bergizi harus diperhatikan lebih teliti. Selalu konsumsi vitaman prenatal yang diberikan bidan atau dokter kandungan Anda. Vitamin prenatal bisa membantu pemenuhan nutrisi tambahan harian. Kebutuhan asam folat yang berperan dalam mendukung pertumbuhan sumsung tulang belakang dan kecerdasan otak anak bisa terpenuhi dari vitamin hamil ini.

Ibu hamil juga harus menerapkan pola hidup sehat selama menjalani masa penting ini. Anjuran makanan untuk ibu hamil harus diatur dengan baik atau Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dalam menentukan menu harian. Hindari konsumsi makanan cepat saji, jerohan hewan, ikan bermerkuri, dan masih banyak menu terlarang lain.

Tags