News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Insomnia Tiap Malam, Simak Cara Mudah Atasi Gangguan Tidur Ini

Insomnia Tiap Malam, Simak Cara Mudah Atasi Gangguan Tidur Ini


Terjaga setiap malam jelas menjadi masalah serius yang harus Anda selesaikan agar tidak berimbas pada kesehatan fisik dan mental. Dampak buruk mengalami insomnia baik terjaga sepanjang malam atau terbangun dan susah tidur kembali antara lain kehilangan konsentrasi, lemas, produktivitas menurun hingga rentan mengalami penyakit. Agar tidak menimbulkan efek negatif, simak cara mengatasi insomnia berikut ini.

1. Mengatur jadwal tidur yang baik 

Orang yang memiliki jadwal tidur teratur memiliki produktivitas harian yang lebih baik. Jangan menganggap bahwa tidur siang bisa menggantikan waktu tidur malam hari yang berkurang. Cara mengatasi insomnia adalah membiasakan tidur tepat waktu setiap hari. Kalau Anda terpaksa tidur lebih larut, sebaiknya tetap bangun teratur agar tubuh bisa mengatur waktu tidur malam berikutnya.

2. Hilangkan kebiasaan melakukan aktivitas jelang tidur 

Aktivitas ringan seperti menyalakan laptop, bermain ponsel, menatap layar televisi, dan lain-lain bisa membuat Anda mengalami insomnia. Sebaiknya selalu matikan perangkat elektronik agar tidur Anda lebih berkualitas. Cara mengatasi insomnia bisa Anda lakukan dengan mematikan lampu kamar setiap hendak pergi ke kasur. Otak perlu istirahat dan bekerja sesuai mekanisme saat tubuh beranjak ke tempat tidur.

3. Membuat suasana kamar lebih nyaman 

Ranjang yang empuk, ruangan yang bersih dan rapi serta pengaturan cahaya yang tepat akan membuat Anda tidur lebih berkualitas. Jangan membiarkan hewan peliharaan tidur bersama Anda, ya!

4. Hindari konsumsi kafein dan alkohol 

Penyebab seseorang mengalami insomnia adalah konsumsi kafein dan alkohol berlebihan. Kafein bisa membuat Anda terbangun pada malam hari karena merangsang efek diuretik pada tubuh, sedangkan alkohol bisa membuat tingkat kegelisahan dan kecemasan tinggi setelah efek tenang awal konsumsi terlewat.

Semua cara mengatasi insomnia tidak akan berhasil kalau Anda tidak membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Pikiran yang terlalu kalut atau stress bisa membuat Anda mengalami insomnia. Usahakan untuk selalu mengelola stress dengan benar agar Anda bisa tidur dengan lelap. Waktu tidur yang sesuai aturan bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas harian. Jangan abaikan waktu tidur malam yang berkualitas lagi, ya!

Tags