News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ini 5 Penyanyi Penerima Royalti Terbesar Tahun 2020

Ini 5 Penyanyi Penerima Royalti Terbesar Tahun 2020

ini 5 penyanyi penerima royalti terbesar tahun 2020 (Foto : Dok Instagram)

Bogorsenja.com, Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, Performers Right Society of Indonesia (PRISINDO) mendistribusikan royalti tahunan kepada lebih dari 300 musisi dan penyanyi Tanah Air (9/3).

Diantara ratusan musisi tersebut, tercatat lima nama penyanyi yang mendapatkan royalti terbesar di tahun ini.

Mereka adalah Via Vallen, Anji, Judika, Iwan Fals dan Cita Citata. Sedangkan lima grup band yang menerima royalti terbesar yaitu Armada, NOAH, Ungu, Seventeen dan Naff. Meski tidak diumumkan secara rinci mengenai berapa besarnya royalti yang didistribusikan tersebut, Marcell Siahaan selaku ketua umum PRISINDO menjelaskan tentang sumber royalti itu.

"Royalti yang dibagikan bukan berasal dari penjualan lagu musisi/penyayi baik digital maupun fisik, namun berasal dari Performing Rights atau hak untuk mengumumkan karya ke ranah publik," ungkap Marcell Siahaan.

Performing Rights itu, Misalnya karya-karya musik yang diperdengarkan untuk komersil, seperti di hotel, tempat karaoke, restoran, dan lain-lain.

"Maka, para pengguna tersebut wajib membayar royalti Performing Rights pada tiga pemilk hak, yang pertama adalah pencipta lagunya, yang kedua adalah musisi atau penyanyi yang merekam karya tersebut, dan yang ketiga adalah Produser," tambahnya.

Sementara Makki Parikesit selaku Sekretaris PRISINDO yang juga menjadi pentolan band Ungu juga berharap permberian Royalti tersebut dapat semakin memicu para musisi untuk berkarya.

"Dengan mengetahui bahwa hak-hak pelaku pertunjukan sudah diakui dan dilindungi, semoga semakin menjadi pemacu semangat para musisi dan penyayi untuk terus merekam karyanya," tambah Makki.

Tags