News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SMK Pesona Dywantara Juara 3 Peransaka Jawa Barat

SMK Pesona Dywantara Juara 3 Peransaka Jawa Barat


Leuwisadeng, Satuan Pramuka Hambalan Budi Utomo dan Satuan Dewi Sartika asal  SMK Pesona Dywantara, Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng mengikuti Perkemahan Satuan Karya (Peransaka) di Jatinangor, Sumedang, belum lama ini dengan peserta pramuka dari  Kwartir Cabang Kabupaten Bogor menampilkan beberapa perlombaan Saka Widia Budaya Bakti (SWBB).

“Meski persiapan yang dibilang mendadak, Alhamdulillah siswa SMK Pesona Dywantara berhasil di peringkat ketiga dengan perlombaan permainan tradisional," ujar Pembina Pamong Saka SMK Pesona Dywantara, Purnomo Rahardjo kepada wartawan, kemarin.

Purnomo yang merupakan pembina gugus depan juga mengatakan, awal persiapan untuk ikut Peransaka selama satu bulan." Dengan menampilkan permainan dari pewaris para pendahulu, yakni perlombaan galah asin, tarik tambang dan permainan jalan santai menggunakan bakiak," ujarnya.

Menurutnya, dengan keikutsertaan siswa Pesona Dywantara ini untuk membina dan mengembangkan mental, fisik serta pengetahuan." Selain itu menambah wawasan dan pengalaman dalam mengedukasi keterampilan Pramuka sesuai minat dan bakatnya,” tuturnya.

Ketua Yayasan Pesona Dywantara, Budiantoro, sangat mendukung kegiatan Peransaka karena mempertemukan anggota Pramuka Penegak dan Pandega di Jawa Barat guna bertukar pengalaman dan mengaplikasikan bakti kepada masyarakat. Oleh karenanya, kata Budi, siswa dalam mengikuti kegiatan kepramukaan selama  ini cukup antusias. "Kedepan wacana seluruh kegiatan Kwarcab Pramuka Peransaka akan dipusatkan di sekolah SMK Pesona Dywantara," pungkasnya.

Kontributor : G-Pamungkas

Tags