News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelajari Sejarah Agar Tau Diri Dan Gak Sombong

Pelajari Sejarah Agar Tau Diri Dan Gak Sombong


Sejarah adalah silsilah atau asal-usul kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Mata pelajaran sejarah dipandang hanya mempelajari masa lalu, apalagi dalam pembelajaran guru selalu menggunakan metode yang sama yaitu ceramah.
Banyak siswa yang merasa bosan, hanya duduk-duduk dan mendengarkan, ada yang mainan ponsel, dan ngobrol sesama teman. Anggapan itu timbul karena monotonnya pembelajaran yang diberikan guru. Ditambah pula terlalu banyak tahun untuk diingat, sehingga kesan sebagai pelajaran hafalan pun seolah-olah melekat pada pelajaran sejarah.

Akibatnya siswa semakin memberikan kesan “membosankan” dan akan membuat siswa merasa terpaksa mengikuti pembelajaran. Namun, harus digaris bawahi, walau sejarah itu adalah masa lampau tetapi pada kenyataannya masa lalulah yang membentuk masa sekarang dan yang menjadi pandangan serta pondasi masa depan.

Berbeda dengan siswa kelas X, sebagian dari mereka mengatakan pelajaran sejarah sangat menyenangkan, karena mereka menyukai cara mengajar guru sejarah mereka. Tetapi ada sebagian pula dari mereka yang mengatakan pelajaran sejarah cenderung hanya ingatan dan hafalan, serta gurunya selalu menggunakan metode ceramah. Secara umum, pelajaran sejarah hanya bersumber pada buku paket untuk dibaca.

Keadaan di atas akan membawa dampak yang tidak baik, misalnya banyak siswa yang tidak tau asal-usul negara kita, tidak menghargai perjuangan masa lampau, dan hilangnya rasa nasionalisme. Oleh karena itu, untuk menunjang siswa dalam belajar sarana dan prasarana harus dilengkapi, belajar juga tidak hanya di kelas tetapi di tempat-tempat bersejarah, serta metode yang digunakan jangan hanya ceramah, tetapi bisa juga dengan menggunakan gambar dan video-video dokumenter.

Tags